(Tulisan Saya) How Zenius Change My Mindset

How Zenius Change My Mindset

 

Disini gue akan bercerita pengalaman gue menggunakan  Zenius.net . sebelumnya Zenius.net itu apa sih?

Oke gue akan ngasih tau lo dulu guys Zenius.net itu adalah sebuah website yang akan membuat lo kecanduan belajar . ngga percaya? Coba aja kunjungi Zenius.net dan rasakan sensasi nya.

Ngomong-ngomong gimana sih bisa tau Zenius dan akhirnya Zenius bisa merubah mindset atau pola pikir gue? Yuk kita bahas lebih lanjut . pensaran kan ?

Asal Mula tau Zenius.net

Oke jadi gini loh suatu malam gue baru balik dari sekolah . saat itu gue dikasih PR Matematika peminatan sama ibu pengajar disekolah naaah gue ngga ngerti tentang apa yang udah si ibu ajarin terlebih lagi gue ngantuk saat itu .

Akhirnya gue mutusin untuk biasa lah anak jaman sekarang ye ngga browsing cuy salah satu cara ampuh kalau menurut gue .

Karena udah kecapean + males juga baca materi tapi ya mau gimana lagi harus diselesain dan dipahami atau gue akan tertinggal .

Akhirnya gue bukain satu per satu link di google hampir semua ngga menarik udah tau gue males baca (yah itu sih salah lo sendiri ndah) gue ganti dah tuh keyword tekan enter nah gue bukain lagi satu per satu aka open link new tab .

Satu tab gue tutup males gue disuruh baca

Gue berpindah ke tab satunya yah ini lagi samanya gue disuruh baca

Dan akhirnya gue beralih ke tab yang terakhir lo tau ngga? Gue nemuin yang selama ini gue cari , apaan coba? Pernah ngga lo terbayangkan kalo laptop bisa ngejelasin lo sebuah materi yang sama sekali ngga lo ngerti dan bahasa nya asik banget lagi berasa ngobrol sama pacar *Ea.

Mau tau nggak lo? Bentar nih ya ketika nemuin blog itu gue tuh kayak “alhamdulillah hidup gue terselamatkan…. mimpi gue jugaaaa…” nah ini nih blog yang selama ini gue cari Zenius.net !

Menemukan zenius.net adalah salah satu hal yang pualing membahagiakan dalam hidup gue.

Kok bisa kenapa??

 Bisa dong gue ceritain nih ya sejak kelas 10 gue ngga suka sama hal yang berbau IPA karena gasuka alhasil males karena males jadinya ‘fool’ nah fool itulah yang menyebabkan IPA menjadi masalah yang complicated dalam hidup gue.

Gasuka IPA tapinya kok bisa masuk IPA? Ya entahlah takdir Tuhan mungkin?? Sebenernya gue bisa aja pindah ke IPS tapi gue sadar nilai IPS ini lebih kecil dari nilai IPA so i decided to stay.

Hari pertama jadi anak IPA itu hidup gue penuh misteri atau ketidakpastian lah gue bingung kemana harus nanya soal materi fisika dan kimia yang gabisa gue handle selain ke guru? Lagipula kalau guru jelasin belum tentu gue ngerti , Jadinya sia-sia toh?

Les atau Bimbel? Wah selain ngga punya banyak uang gue juga gapunya waktu akhirnya dengan ketemu Zenius.net ini hidup gue sebagai murid XI MIA 2 terselamatkan…

Gue anggap mengenal website Zenius.net ini adalah hadiah dari Tuhan . bilang ini lebay tapi kalau gue gajadi anak MIA mungkin saat itu gue ngga akan browsing PR MTK Peminatan gara-gara browsing itulah gue bisa ketemu Zenius .

Sebenernya waktu itu bisa aja gue pindah jurusan tapi gue memutuskan untuk stay karena apa? setiap masalah yang Tuhan kasih pasti ada pembelajaran nya .

 

Jadi Kecanduan Belajar

Sejak kenal Zenius gue jadi kecanduan belajar yang tadinya bangun pukul 05.00 AM sekarang jadi 03.00 AM hanya untuk belajar.

Sejak saat itu gue jadi semangat menjalani hidup gue sebagai siswi disekolah beruntungnya gue kenal Zenius ini ngga terlambat banget lah ya kira-kira dua atau tiga bulan jadi anak MIA gue kenal Zenius.

Setiap pagi gue rutin tuh kunjungi blog Zenius pertama gue hanya jadi member regular it’s mean gue Cuma bisa akses satu video materi pembelajaran disetiap bab aja meskipun begitu dengan hanya mempelajari konsep pembelajaran dari Zenius setidaknya perlahan-lahan gue bisa mengerti materi baik yang diajarin disekolah maupun di textbook.

Belajar sama Zenius menurut gue lebih asik daripada diajarin sama guru disekolah udah makan waktu hampir dua jam tapi terkadang gue masih belum mengerti ya kan percuma toh?

Oh iya karena setiap pagi gue kunjungi blog Zenius gue jadi lebih dulu memahami materi yang belum diajarin waktu itu pernah guru matematika wajib gue nanya udah belajar nilai mutlak apa belum? Semua murid dikelas jawab belum kecuali gue , gue sendiri yang jawab udah.

Terus yang lain nya langsung ngeliatin gue temen sebangku gue bilang belum diajarin nilai mutlak akhirnya gue inget gue udah belajar di Zenius lol hahah alhasil gue minta maaf .

Ngga hanya itu aja guys Zenius membuat gue jadi suka Fisika wah jadi pelajaran favorite gue tuh sekarang kalau gurunya gamasuk suka sedih hahaha

Tadinya gue ngga ngerti ilmu Fisika itu apa ya menurut gue waktu kelas 10 fisika tuh nyebelin yakali bola jatuh dari atas genteng aja di hitung sudutnya berapa , kecepatan nya berapa , ketinggian nya berapa tapi karena Zenius lah yang tadinya benci jadi cinta .

Kan ngga asik ya kalau Cuma bisa akses satu video materi pembelajaran akhirnya gue beli voucher di Zenius.net yang tiga bulan wah surga dunia banget guys ketika lo mengerti Materi yang ngga lo suka .

Ketika bisa akses semua video gue pilih materi Fungsi & Komposisi Fungsi bobrok banget otak gue kalau ketemu fungsi dan variabel awalnya gue sama sekali ngga ngerti materi Fungsi & Komposisi Fungsi , rumit?? Ya gitu deh.

Tapi kalau belajar sama Zenius materi itu jadi ngga rumit lagi plus gue tercengang ketika tau rumusnya itu simple banget mudah dipahami ngga ngabisin banyak waktu dan kertas akhirnya setelah belajar bab itu gue langsung ngerjain dua puluh soal fungsi dan komposisi fungsi yang selama ini gue tunda and finally gue bisa nyelesain semuanya!

Sempet nyesek juga rasanya pengen gue puter waktu pas ulangan harian bab fungsi dan komposisi fungsi mungkin kalau di puter waktunya gue bisa dapet 100 tapi gapapa yang penting gue ngerti.

Karena Zenius masalah bisa terselesaikan~

 

Mindset berubah dan berkembang

Ngga ada masalah yang tidak bisa diselesaikan

Jangan pernah katakan ‘ngga bisa’ tapi katakan lah ‘belum bisa’

Zenius membuat gue yang tadinya selalu bilang ‘males gabisa’ akhirnya menjadi ‘belum bisa gue harus bisa!’ . semua itu butuh proses mindset gue bisa berubah ya ngga langsung berubah ngga langsung menjadi gue yang baru tapi pelan-pelan.

Baca postingan di blog Zenius yang berjudul “iya gue bukan anak pinter. Terus gimana dong?” ditulis oleh Fanny Rofalina.

Membuat gue paham kalau kecerdasan itu bisa ditingkatkan karena otak itu terbentuk dari luar apa yang lo lihat itu adalah apa yang lo pikirkan dan akhirnya lo perbuat.

Selama ini gue selalu berada dilingkungan yang emang manusianya fixed mindset banget apalagi disekolah gue wah banyak banget.

Potensi itu tidak dirantai oleh kemampuan yang kita punya ngga ada anak yang terlahir pintar dan ngga ada juga yang terlahir bodoh semuanya punya kapasitas yang sama .

Para ilmuwan dan tokoh terkenal didunia juga awalnya adalah seorang pemula namun karena itu tadi mindset dia bilang kalau dia bisa ngelakuin hal itu , memecahkan masalah itu dan lain sebagainya akhirnya apa? ya mereka emang bener-bener bisa.

guys

Sumber : https://www.zenius.net/blog/5510/fixed-mindset-growth-mindset

Dengan membaca postingan ini gue kembali mendapatkan passion gue . selama ini gue selalu bermimpi untuk kuliah ke luar negeri especially South Korea.

Kedangaran nya emang ngga mungkin apalagi diliat dari latar belakang sekolah gue ya… jujur aja belum ada 10 tahun sekolah gue berdiri.

But i aware i’m the only one who can define my own success yang bisa membuat lo sukses ya Cuma diri lo sendiri bukan sekolah , guru , and etc tapi pola pikir dan diri lo sendiri.

Gue ngga peduli mau seperti apa tempat gue belajar , mau seperti apa guru yang ngajar karena gue adalah hasil dari pemikiran otak gue bukan pemikiran sekolah maupun guru.

Gue ngga mau hal-hal yang seperti itu merantai mimpi gue untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Dengan mindset yang terus berkembang kemampuan lo juga akan berkembang dan itu ngga menutup kemungkinan kalo lo bisa mejadi manusia yang berkualitas dengan potensi yang lo miliki.

Di tahun baru ini gue lihat tweets ditimeline atau status di beranda facebook adalah ingin berkurang nya PHP , balikan sama mantan , dapet pacar , and etc menurut gue itu menyedihkan???

Sementara itu wish gue … gue berkeinginan untuk ngga remedial disetiap ulangan harian , ada banyak huruf A di rapot gue.

Jujur ini keinginan tinggi yang pernah gue buat tapi gue yakin gue pasti bisa mewujudkan nya karena apa? yang bisa mewujudkan mimpi-mimpi itu ya Cuma gue sendiri …

Mindset yang seperti ini membuat gue hanya ingin bergaul dengan orang-orang yang hidupnya ada tujuan kedengaran nya sombong tapi maaf gue cinta diri gue sendiri jadi gue ingin memberikan yang terbaik.

Terus orang yang gapunya tujuan hidup ditinggalin?? Ya engga dong gue biasa aja hanya say hello doang and did such a simple conversation tapi gue juga ngga menutup diri kalau mau main sama gue ya ayo ngga yaudah.

Ya bayangin aja kalau setiap hari gue harus dengerin keluhan tentang BBM yang ngga dibales , ngeluh karena PR Banyak , ngeluh karena liburan sebentar , ngeluh sepatu ngga sesuai standar sekolah jadi diambil , ngeluh sekolah mulu capek dan lain sebagainya ya mau jadi apa gue jika dikelilingi orang dengan fixed mindset hidup sekali kok menyedihkan banget…

 

Dengan berubahnya mindset gue , gue ngerasa kalau gue lebih berkualitas dibandingkan mereka kalau hari ini , hari esok , dan seterusnya gue isi dengan keluhan dan pola pikir yang ngga berkembang apa jadinya gue dimasa depan?

Zenius bener-bener ngerubah mindset dan akhirnya personality gue juga ikut berubah ngga ada manusia bodoh di dunia ini yang ada hanya pemalas dan tak punya rasa ingin tau.

Semua nya sama , kita semua didunia ini sama-sama seorang pemula terlahir dengan sama-sama belum bisa ngomong , belum bisa berdiri , dan belum bisa jalan.

Mulai dari sekarang stop yang namanya ngeluh , GABISA , MALES  coret itu dari otak lo . teruslah bekerja keras  , berusaha , dan yakin kalau lo pasti bisa lo pasti sukses karena yang bisa membuat lo sukses hanyalah pola pikir dan diri lo sendiri.

Gagal itu pasti terjadi namun yang terpenting adalah bagaimana kita menyikapi kegagalan itu.

 

Sumber terkait :

https://www.zenius.net

https://www.zenius.net/blog/5510/fixed-mindset-growth-mindset

 

 

 

Advertisements

19 thoughts on “(Tulisan Saya) How Zenius Change My Mindset

  1. Nah samaan kak,syukur sekarang nilai biologi ku bagus gara² belajar di zenius juga 🙌 . Pertama sih iseng2 buka,eh ternyata ada videonya juga,dan yg penting loading nya itu cepet banget ga pake lama,bisa di repeat2 sesuka hati juga ahaha 😃 . Ngejelasinya itu simple,bahasanya easy going/pa’an/ dan dibikin kek peta konsep gitu,jadinya kita bisa paham g sekedar hafal hehehe/numpang curcol/ . yah,ini juga sebagai testimoni mungkin,juga menguatkan (?) tulisan kakak ini. Last salam kenaaal,caca 00 line ☺

    • omg akhirnya nemu yang pakai zenius.net juga iya kamu bener banget dek belajar pake zenius itu simple + mudah di mengerti intinya jadi kecanduan belajar deh .

      salam kenal juga indah 98 line 🙂

  2. Ya ampun, berkat postingan ini aku jadi termotivasi biar jadi orang yg succses di masa depan, biar bisa kuliah di koriya juga😂😂 대박 !!!

  3. ah makasih ka buat pembelajaran 🙂 aku baru mau masuk SMA ohiya ka aku minta saran dong bagusan SMA/SMK ya? aku masih bingung nih sedangkan nem aku paspasan bgt ya masih mending sih kta orgorg nem aku dibilang bagus drpd tmn2 aku pada pake KJ semua nem gede. aku pas nemuin postingan ini jadi semangat belajar jadi gak sabar mau masuk jurusan yg aku citacitakan. ko sama ka aku juga punya keinginan kuliah di korea 😀 yah gimana sih ya namanya juga anak k-pop citacita mereka aja pada ke korea semua.

    • hahaha i must say that the big reason aku mau ngelanjutin sekolah kesana karena oppa sumpah nista banget tapi ortu ku ngga marah /hamdallah/
      dari komen ini dan kamu bilang nilai kamu pas pasan banget + mau kuliah di korea . saran ku cari sekolah negeri aja berhubung sudah kembali ke ktsp 2006 kamu usahain deh masuk IPA tapi ya terserah sih tapi menurut ku jadi anak IPA banyak keuntungan nya . nah belajar deh yang rajin jangan lupa doa , bahasa inggris dan korea nya di tingkatkan lagi karena hal itu yang sangat mempengaruhi apa kamu layak untuk ngelanjutin sekolah atau ngga , seriously deh belajar bahasa kalau ngga niat susah.
      jangan lupa reason kamu mau ke korea tuh apa aja , bidang apa yang sangat amat kamu minati/sukai .
      ya pokoknya hal utama nilai raport dulu lah bagusin sama kemampuan bahasa nya tingkatin nanti kan gampang mau memutuskan untuk kuliah dimana.
      semoga bermanfaat 🙂

  4. gomawo ka ,posting ini sangat membantu^_^. aku udah tingkat 2 sma jurusan ipa dipenuhi dengan PR yang banyak >_< . sangat membantu 🙂

  5. Gua udah cari dan membayangkan website seperti zenius.net sejak masuk SMA tahun 2010. Tapi sayangnya baru ketemu setelah sekarang umur 20 tahun. Hampir semua point yang ada di blog ini sama dengan pikiran gua, intinya zenius.net adalah bukan cuma penyelamat hidup tapi penyelamat masa depan karena gua baru mau menyusul untuk masuk kuliah tahun depan. Setelah kenal zenius.net gua langsung percaya diri bahwa masa depan gua bakal cerah yang pasti dibarengi dengan usaha dan jerih payah kita untuk belajar. Walau terlambat gua yakin akan lolos dan lulus kuliah sesuai pilihan berkat zenius yang telah merangkum dan menyederhanakan seluruh isi pendidikan dari masa-masa sekolah dulu untuk dipelajari ulang dalam waktu singkat. Ga ada kata terlambat sebelum kita mulai dari sekarang.

    Yang membuatmu takut dan ragu(untuk menghadapi ujian) itu karena kamu belum siap, setelah kamu terbiasa melihat video pembelajaran di zenius.net gua yakin kamu bakal tau gimana rasanya jadi orang pinter yang bisa terlihat percaya diri di atas panggung.

    • halo kak…
      terimakasih atas respon nya dan ya tidak ada kata terlambat jadi tetap semangat ya kak semoga apa yang di cita-cita kan tercapai and its nice to meet you here ^^

  6. Saya lagi cari artikel yang bikin yakin kalo belajar pake zenius itu bagus. Buat anak saya yang kelas 8. Habis ini kan naik kelas 9. Teman2 nya udah daftar bimbel. Tapi saya nggak sreg sama bimbel. Udah nanya2 ke counter zenius juga. Kalo gini jadi mau cepat beli vouchernya. Bentar lagi kan UKK…
    Terimakasih ya. Semoga sukses dan bisa kuliah di Korea…

  7. Asli pengen nangis, apa yang saya rasain sama, perih banget ngeliat temen seperjuangan bilang kalo kapasitas otak kita nih beda beda seolah olah doi di ciptain bodo 😅

  8. Pingback: [Tulisan Saya] A Long Way To Go #ReviewZenius | Noonatea

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s